SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU
( SPT )
Nama
Sekolah : SD Negeri Purworej
Mata pelajaran : 1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Matematika
3. Bahasa Indonesia
Tema : Lingkungan
Kelas / semester : III / 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
Pelaksanaan : Selasa, 30 Oktober 2012
I. Standar
Kompetensi
1. Pendidikan Kewarganegaraan
Mengamalkan
makna sumpah pemuda.
2. Matematika
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga agka.
3.
Bahasa Indonesia
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan atau saran
II. Kompetensi Dasar
1. Pendidikan Kewarganegaraan
Mengamalkan
makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
2. Matematika
Melakukan
operasi hitug bilangan sampai tiga agka.
3.
Bahasa Indonesia
Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
III. Indikator
1. Pendidikan kewarganegaraan
Memahami makna satu nusa, satu
bangsa, dan satu bahasa.
2. Matematika
membilang secara urut bilangan sampai tiga angka
(ratusan) pada garis bilangan.
3. Bahasa Indonesia
Membuat kalimat dengan memperhatikan ejaan dan
tanda baca dari isi bacaan yang telah dibaca.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran ini siswa
dapat:
1. Mengetahui
makna nusantara.
2. Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
3. Mengurutkan bilangan ratusan pada garis bilangan.
4. Membuat kalimat dengan
memperhatikan ejaan dan tanda baca berdasarkan bacaan yang telah dibaca.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
Religius, Disiplin, Cinta tanah air, Kreatif , Tanggung jawab, Mandiri, Semangat.
V. Materi Pokok
1.
Pendidikan Kewarganegaraan
§ Nusantara berasal dari kata “nusa” dan “antara” yang
artinya: satu kesatuan wilayah (Negara) diantara pulau-pulau.
§ makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
-
Satu nusa memiliki makna bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu
tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia.
-
Satu bangsa memiliki makna walaupun kita berasal dari suku yang berbeda,
tetapi kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
-
Satu bahasa memiliki makna bahwa untuk mewujudkan persatuan bangsa kita
harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
2.
Matematika
Memlang secara
urut.
urutkan
bilangan-bilangan di bawah ini dari yang terkecil sampai yang terbesar
136, 138, 133, 132, 131, 134, 135, 137, 139, 140, 142,
141
131 132
133 134 135 136
137 138 139
140 141 142
3.
Bahasa Indonesia
Menuliskan beberapa kalimat dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca berdasarkan
bacaan yang berjudul “Menyelamtkan Lingkungan”
VI.
Metode dan Setrategi Pembelajaran
Ceramah,
Kerja kelompok (Coopertive Learning), Tanya
Jawab, Diskusi, Unjuk kerja,
Penugasan.
VII.
Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 Menit)
a.
Persiapan:
1)
Siswa diajak berdoa bersama – sama.
2)
Presensi kehadiran siswa.
3) Siswa dikondisikan dalam situasi belajar
yang kondusif.
b.
Sebagai
apersepsi siswa diajak menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
c. Guru mengaitkan materi dan menyampaikanya
secara lisan dan tertulis tentang materi yang akan dipelajari beserta kemampuan
yang harus dicapai.
2. Kegiatan Inti (50 Menit)
a.
Eksplorasi
1) Siswa diminta memperhatikan peta Indonesia pada papan tulis.
2) Siswa dibimbing mencari informasi tentang makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, pada
halaman 5, buku PKn kelas 3 SD.
3) Siswa dibimbing membilang secara urut pada garis bilangan
dengan memperhatikan jumlah pulau besar yang ada di Indonesia.
4) Siswa diajak membaca bacaan “Menyelamatkan Lingkungan”
pada buku Bahasa Indonesia hal 16.
b.
Elaborasi
1) Secara berkelompok siswa berdiskusi menyelesaikan tugas
yang telah disiapkan oleh guru untuk menunjukkan rasa bangga menjadi anak
Indonesia.
2) Secara bergantian wakil dari tiap kelompok maju kedepan
untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya.
3) Siswa secara bergantian diminta maju kedepan berdasarkan
no absen (genap / ganjil) untuk membilang secara urut pada garis bilangan.
4) Siswa mengerjakan latihan soal tes formatif.
c.
konfirmasi
1)
Siswa diajak membahas latihan soal yang telah dikerjakan serta penegasan
materi pembelajaran.
2)
Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi yang
dilakukan siswa.
3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
a. Siswa dibimbing menarik kesimpulan dari
materi yang telah dipelajari.
b. Guru memotivasi siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
c. melakukan penilaian dan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
d.
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling atau pemberian tugas.
VIII. Sumber,
Alat dan
Media Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
a. Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3 SD, Prayoga Bestari, Aneka Ilmu tahun 2008 (BSE),
halaman 5.
b. Matematika untuk kelas 3 SD, Nur Fajariyah, PT Aneka Ilmu
tahun 2008 (BSE), halaman 3.
c. Tangkas Berbahsa Indonesia untuk kelas 3 SD, Muhammad
Jaruki, PT Remaja Rosdakarya Bandung, Tahun 2006, halaman 16.
2. Alat dan Media Pembelajaran
a. Teks lagu “Satu
Nusa Satu Bangsa”.
b. Peta Indonesia
c.
Garis bilangan.
IX. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a.
Penilaian awal (pre test), untuk melihat kemampuan awal
siswa.
b.
Penilaian Proses, untuk melihat kerjasama siswa.
c.
Penilaian Akhir ( post test), untuk mengukur kemampuan siswa setelah pembelajaran
2. Jenis dan Bentuk Test
a.
Tes lisan, dilakukan sebelum pembelajaran melalui tanya
jawab.
b.
Test Kinerja (Performance Test),
dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, melalui kerja
kelompok dan diskusi.
c.
Tes Tertulis bentuk uraian, dilakukan pada akhir pembelajaran.
3. Alat Penilaian
a.
Lembar kinerja siswa, terlampir.
b.
Lembar penilaian kinerja
siswa, terlampir
c.
Lembar soal, terlampir.
d.
Kunci jawaban, terlampir.
e.
Pedoman penilaian, terlampir.
f.
Lembar soal perbaikan dan pengayaan, terlampir
4. Tindak Lanjut
Guru
melakukan perbaikan kepada siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM, dan mengadakan pengayaan kapada siswa yang memenuhi standar KKM.
Purworejo, 30
Oktober 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas III
Jumadi Muhtar, S.Pd. Ihsan Maulidin
NIP:19560622
197802 1 003 NIM : 822364488
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Kelomok :
.................................................
Anggota Kelomok : 1
.............................................
2
..............................................
3
..............................................
4
..............................................
Diskusikan bersama kelompokmu!
Banyak hal yang dapat kalian lakukan untuk
menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia, berilah tanda (V) pada kolom
Selalu (S) atau tidak pernah (TP) sesuai dengan tindakan kalian sehari-hari
sertakan juga alasannya.
NO
|
TINDAKAN
|
S
|
TP
|
ALASAN
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Membeli mainan buatan dalam negeri.
Berteman tanpa melihat perbedaan suku bangsa
Menggunakan bahasa Indonesia dirumah dan di
sekolah
Gemar menabung untuk meraih cita-cita.
Lebih suku cerita (dongeng) yang berasal
dari Indonesia
|
|
|
|
LEMBAR PENGAMATAN KERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran :
Tematik
Tema : Lingkungan
Kelas / Semester : III / 1
Hari / Tanggal : Selasa,
30 Oktober 2012
No
|
Nama Siswa
|
Kerjasa-ma
|
Tanggung Jawab
|
Ide / Gagasan
|
Jml skor
|
NA
|
Ket
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
||
1
|
Doni Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Febika Meliana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Rudi Prasetyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Agung Irvantoro
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Agung Sutrisno
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Dwi Nurkholis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Heni Sulistyoningsih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
M. Yopi Gustaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
M. Suprihatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Rengga Adi Kusuma
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Wahyu Nurjati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Fajar Nurhidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata - rata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
NA
= Perolehan Skor X 100
Jumlah Skor maksimal
|
1. Kurang
2. Cukup
3. Baik
4. Baik sekali
Purworejo, 30 Oktober 2010
Mahasiswa
Ihsan Maulidin
NIM
: 822364488
LEMBAR SOAL
Nama
Siswa : ______________ No
Absen : ________
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan di
bawah ini dengan
tepat !
1.
Apakah yang dimaksud dengan Nusantara ?
2.
Apa makna dari satu nusa?
3.
Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan kata “Nusantara” !
4.
Urutkan bilangan-bilangan berikut dari mulai yang
terecil.
203, 212, 204,
208, 209, 210,
205, 207, 206, 211,
213, 214
5. Urutkan bilangan-bilangan berikut
dari mulai yang terbesar.
501, 505, 507,
512, 502, 504,
503,
511, 506, 508,
510, 509
Jawab:
1. ........................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. ........................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
5.
KUNCI JAWABAN
1.
Nusantara adalah satu kesatuan
wilayah yang terdiri dari pulau-pulau
2.
makana dari satu nusa adalah bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu
tanah air yang sama, yaitu tanah air indonesia.
3.
Seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke disebut Nusantara (kebijaksanaan guru).
4.
203 204
205 206 207
208 209 210
211 212 213
214
5.
512 511
510 509 508
507 506 505
504 503 502
501
PEDOMAN
PENILAIAN
Tiap nomor jawaban
sempurna memperoleh skor 4.
NA
= perolehan skor x 5
|
LEMBAR SOAL PERBAIKAN
Nama Siswa : ______________
No Absen :
________
Jawablah pertanyaan –
pertanyaan di bawah ini
dengan tepat !
1.
Nusantara bersal dari kata ........................ dan
........................
2.
Apa sebutan bagi negara yang memiliki banyak pulau?
3.
Buatlah sebuah kalimat menggunakan kata “Lingkungan” !
4.
Buatlah sebuah
kalimat menggunakan kata “Nusa” !
5.
Urutkan bilangan diawah ini dengan benar !
13
...... 15 ......
..... 18 .... ..... .....
22 .... ....
LEMBAR SOAL PENGAYAAN
Nama Siswa : ______________
No Absen :
________
Buatlah sebuah puisi yang bertemakan tentang
keindahan alam Indonesia !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar