RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SD Negeri Purworejo
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : V / 2
Standart Kompetensi
: 2. Menghargai peran tokoh
pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendiskripsikan perjuangan
para tokoh
pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang.
Indikator :
Menjelaskan para tokoh daerah dalam mengusir
penjajahan Belanda
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
Pelaksanaan
:
Jum’at, 25 Mei 2012
I. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pengamatan peta serta gambar-gambar pahlawan daerah, diharapkan siswa dapat:
A. Menyebutkan nama-nama tokoh pejuang daerah.
B. Menyebutkan asal daerahnya.
C. Menyebutkan nama-nama peperanganya.
D. Menyebutkan tahun terjadinya peperangan.
v Karakter siswa yang diharapkan :
1. Disiplin 3. Cinta tanah air
2. Rasa
hormat 4. Rela berkorban
II.
Materi Pokok
Perjuangan dalam melawan penjajahan Belanda.
A. Perlawanan Pattimura (1817)
Perlawanan
Pattimura terjadi di daerah Maluku, yang di pimpin oleh Thomas Matulessi atau
Patimura. Peperangan ini terjadi karena:
1. Benteng Duurstede telah diduduki Belanda
2. Rakyat dipaksa menjual hasil pertaianya
kepada Belanda
3.
Diperlakukanya
hak eksturpasi dan pelayaran hongi, dengan tujuan mengawasi setiap pulau dan
membuang hasil rempah-rempah yang berlebihan.
B. Perang Paderi (1821 – 1837)
Perang Paderi
terjadi di daerah Sumatera Barat, yang di pimpin oleh Datuk Bandoro, dan kemudian
digantikan oleh Tuanku Imam Bonjol. Peperangan ini terjadi karena:
1. Terjadi perselisihan antara kaum paderi
dengan kaum adat.
2.
Belanda
memperlakukan sistem tanam paksa bagi masyarakat Minangkabau.
C. Perang Diponegoro (1825 – 1830)
Perang Diponegoro
terjadi di daerah Jawa Tengah, yang dipimpin oleh Raden Mas Ontowiryo atau
lebih dikenal Pangeran Diponegoro. Peperangan ini terjadi karena:
1. Pemasangan toggak-tonggak jalan rel kereta
api diatas makam
leluhur pangeran
Diponegoro.
2. Wilayah Mataram semakin dipersempit
3. Penderitaan rakyat karena dibebani pajak
yang tinggi.
4.
Peradaban
barat yang bertentangan dengan ajaran islam.
D. Perang Banjarmasin (1859 – 1863)
Peperangan ini
terjadi di daerah Kalimantan Selatan, yang dipimpin oleh Pangeran Antasari,
penyebab terjadinya peperangan adalah:
1. Belanda melakukan monopoli perdagangan
terhadap kerajaan.
2. dan mencampuri urusan intern kerajaan.
E. Perang Bali (1846 – 1868)
Perang ini terjadi
di daerah pulau Bali, Perang Bali di pimpin oleh Raja-Raja dari Bali
diantaranya Raja Buleleng yaitu I Gusti Ngurah Made dan patihnya bernama I
Gusti Ketut Jelantik. Perang Bali dilatar belakangi oleh:
1. Raja-raja Bali memberlakukan hukum Tawan
Karang,
yaitu hak untuk
merampas kapal-kapal asing yang terdampar di wilayahnya.
2.
Raja-raja
Bali tidak mau mengakui kedaulatan Belanda di Bali.
III. Metode
/ strategi Pembelajaran
1. Strategi
kooperatif tipe jigsaw.
2. Pengamatan
3. Kerja kelompok
4. Diskusi
5. Ceramah
6. Tanya jawab
7.
Penugasan
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Persiapan:
a.
Siswa
diajak berdoa bersama – sama
b.
Presensi
kehadiran siswa.
c.
Mengkondisikan
siswa pada suasana pembelajaran yang efektif.
2. Apersepsi melakukan tanya jawab tentag
materi yang akan dipelajari.
3. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
4. Memotivasi siswa untuk dapat menghargai
jasa-jasa para pahlawan.
B.
Kegiatan Inti (35 menit)
1.
Eksplorasi
a.
Siswa
diajak memperhatikan peta wilayah dan gambar-gambar tokoh pejuang daerah pada halaman 140-144 buku
IPS kelas 5 SD.
b.
Siswa
diajak mencari informasi perjuangan para tokoh-tokoh daerah dalam melawan
penjajahan belanda.
2.
Elaborasi
a.
Siswa
secara berkelompok mengamati peta dan gambar pahlawan daerah.
b.
Setiap
kelompok berdiskusi menyelesaikan tugas yang telah disiapkan oleh guru
1) Membuat daftar nama peperangan, nama tokoh
daerah, tahun perjuangan, dan penyebab terjadinya peperangan
2) menyebutkan wilayah perjuangan tokoh-tokoh
daerah melalui gambar peta.
c.
Memberi
kesempatan kepada anak untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut.
d.
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
melalui unjuk kerja hasil laporan di depan kelas.
C. Konfirmasi
a.
Siswa
diajak membahas hasil laporan yang telah di kerjakan serta penegasan materi
pembelajaran.
b.
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi yang dilakukan siswa.
C.
Kegiatan Penutup (25 menit)
1.
Siswa
diajak menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
2.
Mengerjakan
latihan soal uji kompetensi ( tes formatif)
3.
Pembahasan latihan soal uji kompetensi ( tes formatif)
4. melakukan penilaian dan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
5. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling atau pemberian
tugas.
V. Sumber,
Alat dan Media
Pembelajaran
A. Sumber Pembelajaran
1. Silabus pembelajan IPS kelas V
2. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas 5 SD
(BSE), Endangsusila Ningsih, Aneka Ilmu tahun 2008, halaman 140 – 144.
3. Pengetahuan Sosial Terpadu untuk kelas 5
SD (KBK), Tim Bina Karya Guru, Erlangga tahun 2004, halaman 121 – 128.
4. IPS Terpadu untuk kelas 5 SD (KTSP), Tim
Bina Karya Guru, Erlangga tahun 2006, halaman 111 – 120.
5. LKS Permata Ilmu Pengetahuan Sosial,
halaman 8 – 10.
B. Alat dan Media pembelajaran
1. Gambar – gambar tokoh pejuang daerah
2. Atlas.
3.
Peta
Indonesia.
VII. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
1.
Penilaian
awal (pre test), untuk melihat kemampuan awal siswa.
2.
Penilaian Proses, untuk melihat kerjasama siswa.
3.
Penilaian Akhir ( post test), untuk mengukur kemampuan siswa setelah pembelajaran
B. Jenis dan Bentuk Test
1.
Tes lisan,
dilakukan sebelum pembelajaran melalui tanya jawab.
2.
Test Kinerja ( Performance Test), dilakukan pada saat
pembelajaran berlangsung, melalui kerja kelompok dan diskusi.
3.
Tes Tertulis bentuk uraian, dilakukan pada akhir
pembelajaran.
C. Alat
Penilaian
1. Lembar
kinerja siswa, terlampir.
2.
Lembar penilaian
kinerja siswa, terlampir
3.
Lembar soal,
terlampir.
4.
Kunci jawaban, terlampir.
5.
Pedoman penilaian, terlampir.
6.
Lembar soal
perbaikan dan pengayaan, terlampir
7.
Kunci
jawaban perbaikan, terlampir
D. Tindak Lanjut
Guru
melakukan perbaikan kepada siswa yang mendapat nilai kurang dari 70, dan Mengadakan
pengayaan kepada siswa yang mendapat nilai 70 ke atas.
Ngasinan, 24 Mei 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Mahasiswa
Jumadi Muhtar, S.Pd Ihsan Maulidin
NIP. 195606221978021003 NIM : 822364488
LEMBAR KERJA SISWA I
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok : perjuangan melawan penjajah Belanda
Tanggal : 25 Mei 2012
Diskusikan bersama kelompokmu!
Sebutkan nama-nama tokoh
pejuang daerah, tahun perjuangan, asal daerah dan penyebab terjadinya
peperangan dalam melawan penjajahan Belanda !
No
|
Nama Peperangan
|
Nama Pejuang
|
Tahun
|
Daerah
|
Penyebab Peperangan
|
1
|
Perang Patimura
|
|
|
|
|
2
|
Perang Paderi
|
|
|
|
|
3
|
Perang
Diponegoro
|
|
|
|
|
4
|
Perang
Banjarmasin
|
|
|
|
|
5
|
Perang Bali
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA II
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok : perjuangan melawan penjajah Belanda
Tanggal : 25 Mei 2012
Diskusikan dengan kelompokmu!
Sebutkan nama-nama peperangan
yang ditunjukkan dengan nomor pada peta di
bawah ini!
1
2 3 4 5
JAWABAN
1. ……………………………………………………………………………………
2……………………………………………………………………………………..
3. ……………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………………
LEMBAR PENGAMATAN KERJA KELOMPOK
Mata
Pelajaran : IPS
Materi Pokok :
perjuangan melawan penjajahan Belanda
Kelas / Semester :
V / 2
Hari / Tanggal :
Jum’at, 25 Mei 2012
No
|
Nama Siswa
|
Kerjasa-ma
|
Tanggung
Jawab
|
Ide /
Gagasan
|
Jml skor
|
NA
|
Ket
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
||
1
|
Doni Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Febika Meliana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Rudi Prasetyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Agung
Irvantoro
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Agung Sutrisno
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Dwi Nurkholis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Heni
Sulistyoningsih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
M. Yopi
Gustaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
M. Suprihatin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Rengga Adi
Kusuma
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Wahyu Nurjati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Fajar
Nurhidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ari
Wahyuningsih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Ilham Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Naila Rahma
Fitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Syarif Humam
Alhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Wiwid Fitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Frida
Nurlitasari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Widya hana
Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zhea Decta
Candara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Eka Evi Riyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Doni Eko
Permadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata - rata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1. Kurang
2. Cukup
3. Baik
4. Baik
sekali
NA = Perolehan Skor X 100
Jumlah Skor maksimal
|
Ngasinan,
25 Mei 2012
Mahasiswa
Ihsan Maulidin
NIM : 822364488
LEMBAR SOAL TEST FORMATIF
Nama Siswa :
______________
No Absen : ________
I. Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang kamu anggap paling benar !
1. Siapa tokoh yang gigih melawan Belanda
dalam peperangan di Bali ...
a.
I
Gusti Ngurah Rai
b.
Ketut
Gusti Jelantik
c.
Sisingamangaraja
d.
Pangeran
Poliph
2. Siapa nama lain kapiten Pattimura .....
a.
Thomas
Anderson
b.
Thomas
Buykes
c.
Fort
De Kock
d.
Thomas
Matulessi
3. Perang habis-habisan rakayat Bali
disebut .....
a.
Perang puputan
b.
Perang panutan
c.
Perang
tawan karang
d.
Perang
Diponegoro
4. Pertentaangan kaum adat dengan kaum agama
menimbulkan perang ...
a.
Padang c. Paderi
b.
Minangkabau d. Agama
5. Perang
Paderi berlangsung selama ....
a.
15
tahun c. 17 tahun
b.
16
tahun d. 18 tahun
6. Budi anak yang pandai dalam mata pelajaran
IPS, tetapi ia tidak mau membantu belajar teman-temanya. Sikap Budi yang tepat
seharusnya .....
a.
Membantu
asalkan ada imbalan.
b.
Membantu
teman-temannya
c.
dengan
ikhlas.
d.
Membantu
denagan berat hati.
e.
Membantu
setengah-setengah.
7. Pada pembelajaran IPS kelompok Wawan
mendapat nilai paling rendah dari kelompok-kelompok lain, sikap kelompok wawan
seharusnya .....
a.
Marah
dan memaki kelompok yang lain.
b.
Tetap
berusaha dan bersemangat.
c.
Terima
saja apa adanya
d.
Menutupinya
dengan cara berbohong.
8. Siapa nama kecil pangeran Diponegoro?
a.
Raden
Mas Ontowiryo
b.
Adipati
Anom
c.
Raden
Mas Jayawijaya
d.
Raden
Mas Suwiryo
9. Ketika daerah Tegalrejo dibakar oleh
Belanda pangeran Diponegoro bersembunyi di
....
a.
Bukut
Tinggi c. Bukit Selarong
b.
Bukit
Kapur d. Bukit Dagu.
10. Apa tujuan Belanda melakukan pelayaran
Hongi?
a.
Menangkap
kapiten Pattimura.
b.
Melakukan
perdagangan dengan negara-negara lain
c.
Menyerbu
daerah Maluku dengan pasukan yang besar.
d.
Mengawasi
pulau-pulau perniagaan dan membuang rempah-rempah yang berlebihan
II. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah
ini dengan tepat !
1. Apa
penyebab terjadinya perang Diponegoro?
2. Mengapa perang Bali disebut sebagai perang
puputan?
3. Sebutkan tokoh – tokoh yang membantu
Thomas Matulessi dalam peperangan melawanan Belanda !
4. Mengapa terjadi pertentangan antara kaum
adat dengan kaum padri?
5. Sebagai anak pelajar apa yang harus kamu
lakukan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?
KUNCI JAWABAN
Romawi
I
1.
b 6. b
2.
d 7. b
3.
a 8. a
4.
c 9. c
5. b 10.
d
Romawi II
1. Perang Diponegoro terjadi karena
kekecewaan atas campur tangan Belanda terhadap istana dan tanah kelahiranya.
Dan juga dikarenakan Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta
api melewati makam leluhurnya.
2. Karena saat itu rakyat Bali ingin
mempertahankan tanah airnya dengan berperang sampai titik darah penghabisan.
3. Tokoh – tokoh yang membantu Thomas
Matulessi adalah : Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu
dan Christina Martha Tiahahu.
4. Karena kaum Padri ingin memurnikan ajaran
Islam tanpa dicampuri kebiasaan – kebiasaan buruk kaum adat
5. Cara
menghargai jasa para Pahlawan
a. Belajar dengan giat
b. Berbuat jujur dan tanggung jawab
c. Mengharumkan nama Indonesia
d. Peduli terhadap orang lain, dsb.
e. ( kebijaksanaan guru)
PEDOMAN
PENILAIAN
Romawi I
Jawaban benar skor 1
N
= B x 1
Romawi II
Jawaban sempurna skor 5
N
= B x 5
NA = Perolehan Skor X 100
Jumlah Skor maksimal
|
Contoh Penilaian:
I B
x 1 = 10
II
B x 5 = 25 +
35
NA =
35 x 100
35
=
100
LEMBAR SOAL PERBAIKAN
Nama Siswa :
______________
No Absen : ________
Jawablah pertanyaan
– pertanyaan di bawah ini
dengan tepat !
1. Apa
penyebab terjadinya perang Diponegoro?
2. Mengapa perang Bali disebut sebagai perang
puputan?
3. Sebutkan tokoh – tokoh yang membantu
Thomas Matulessi dalam peperangan melawanan Belanda !
4. Mengapa terjadi pertentangan antara kaum
adat dengan kaum padri?
5. Sebagai anak pelajar apa yang harus kamu
lakukan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?
LEMBAR SOAL PENGAYAAN
Nama Siswa :
______________
No Absen : ________
Buatlah sebuah puisi untuk mengenang jasa para
pahlawan yang telah gugur dalam melawan penjajahan Belanda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar