Like Melayang

Jumat, 22 Maret 2013

CONTOH PROPOSAL PTK



USULAN PTK



 














OLEH : IHSAN MAULIDIN
NIM : 815187288


UNIVERSITAS TERBUKA 2010


USULAN PTK

A.                JUDUL PENELITIAN
Upaya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dengan media mobil garis bilangan pada pelajaran Matematika materi pokok pengurangan pada bilangan bulat kelas IV semester 2 SDN Ngasinan 01 Susukan.

B.                 BIDANG KAJIAN
Desain dan strategi pembelajaran

C.                 PENDAHULUAN
Dalam proses belajar mengajar, belajar merupakan interaksi antara guru dan siswa. Proses belajar mengajar akan menarik perhatian siswa dalam menumbuhkan motivasi belajar mereka apabila dalam menyampaikan materi guru menggunakan media atau alat peraga yang disesuaikan dengan materi dan tingkat kebutuhan siswa.
Di dalam menyampaikan materi pembelajaran, terkadang guru tidak menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pembelajaran.
Jika masalah ini tidak diatasi mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah.

D.                 PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
     PERUMUSAN MASALAH :
            Bagaimana cara meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV semester 2 tentang pengurangan pada bilangan bulat?
     PEMECAHAN MASALAH :
            Alternatif tindakan :
1.      Guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam mengajarkan Matematika.
Alasan : pendekatan mengaitkan pelajaran dengan dunia anak, menggunakan media pembelajaran dan mengaktifkan siswa.\
2.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari alternatif pemecahan soal dengan menggunakan media pembelajaran yang disediakan guru.
Alasan : dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk memecahkan soal yang diberikan dengan menggunakan media pembelajaran, pemahaman siswa akan meningkat, yang akhirnya hasil belajar siswa akan meningkat pula.

E.                  TUJUAN PENELITIAN
            Penggunaan media pembelajaran yang kongkret dalam menjelaskan materi dapat memudahkan siswa dalam memahami dan meningkatkan hasil belajar siswa.

F.                  MANFAAT HASIL PENELITIAN
1.      Bagi sekolah
Penelitian Tindakan Kelas akan dijadikan salah satu masukan penting dalam pengembangan kurikulum di tingkat sekolah.
2.      Bagi guru
Penelitian Tindakan Kelas sangat bermanfaat dalam meningkatkan atau memperbaiki proses pembelajaran serta mengembangkan profesionalisme guru.
3.      Bagi siswa
Dengan pengembangan dan peningkatan pendekatan, metode, atau gaya belajar yang disampaikan guru, dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
G.                 KAJIAN PUSTAKA
-          Pada pembelajaran Matematika, pengurangan merupakan invers dari penjumlahan. ( Soewito, Pendidikan Matematika I, Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan, Jakarta, 1992/1998, Hal. 46)
-          Bilangan bulat adalah merupakan gabungan antara bilangan asli dengan bilangan-bilangan negatifnya, serta bilangan nol. ( Dahim, et al, Pendidikan Matematika II, Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD setara D2dan Pendidikan Kependudukan, Jakarta, 1993, Hal. 248)     
-          Untuk p dan q bilangan bulat selisih atau pengurangan q dari p (ditulis p-q) adalah bilangan bulat r, jika dan hanya jika p=q+r. (Soewito, et al, Op cit, Hal.100)
-          Untuk menjawab bentuk soal pengurangan pada bilangan bulat tentu peragaan dengan garis bilangan dan diagram panah akan sangat membantu. (Dahim, Op cit, Hal. 284)
-          Menurut Gerlach secara umum media itu meliputi orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang mneciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. (Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Kencana Perdana Media, Jakarta, 2006, Hal 161)
-          Rossy dan Breidle (1966:3) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, dan sebagainya. (Wina Sanjaya, ibid)
-          Secara umum media berfungsi sebagai :
1.      Alat bantu untuk mewujudkan situasi belajarmengajar yang efektif.
2.      Bagian integral dari keseluruhan situasi mengajar.
3.      Meletakkan dasar-dasar yang kongkret dari konsep yang abstrak sehingga dapat mengurangi pemahaman yang bersifat verbalisme.
4.      Membangkitkan motivasi belajar peserta didik.
5.      Mempertinggi mutu belajar mengajar  ( Mulyani Sumantri, Johar Permana, Strategi Belajar Mengajar, Maulana, Bandung, 2001, Hal.154)
Jadi, dalam proses belajar mengajar penggunaan media dimaksudkan agar siswa yang terlibat dalam kegiatan belajar itu terhindar dari gejala verbalisme, yaitu mengetahui kata-kata yang disampaikan guru tetapi tidak memahami arti atau maknanya.

H.                 RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
1.      a. Subjek penelitian : Siswa kelas IV
b. Tempat  : SDN Ngasinan 01 Susukan
c. Waktu    : 5 hari
d. Lama tindakan     :    2  x 2 jam pelajaran
2. Langkah-Langkah PTK :
      a. Siklus I
1) Tahap Perencanaan
-          Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang materi          pengurangan pada bilangan bulat.                 
-          Mempersiapkan media pembelajaran berupa garis bilangan yang akan digunakan untuk menyampaikan materi mengenai pengurangan pada bilangan bulat.
-          Menyiapkan lembar evaluasi dan lembar hasil belajar siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman dan prestasi siswa tentang pengurangan bilangan bulat.
2) Tahap Tindakan
-          Melaksanakan kegiatan belajar mengajar berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.
-          Guru mengucapkan salam pembuka dan mengabsen siswa.
-          Guru mengulang materi minggu lalu yang berhubungan dengan bilangan bulat.
-          Guru mulai menjelaskan tentang operasi pengulangan pada bilangan bulat.
-          Guru mendemonstrasikan penyelesaian operasi pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan.
-          Guru memberikan soal latihan.
-          Siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan guru.
-          Guru melakukan pemantapan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum mereka pahami.
-          Guru mengadakan evaluasi.
3) Tahap Observasi   
-          Mengamati perhatian siswa terhadap materi pengurangan pada bilangan bulat yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Mengamati perhatian siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Mengamati keaktifan siswa dalam menjawab soal-soal latihan di papan tulis dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Mengamati kelancaran siswa dalam mengerjakan soal evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan.
4) Tahap Refleksi
             Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru selama proses pembelajaran berlangsung, perhatian siswa terhadap materi tentang pengurangan pada bilangan bulat yang disampaikan dan media yang digunakan oleh guru sangat kurang. Selain itu, ketika guru menyuruh siswa untuk menjawab soal-soal latihan di papan tulis dengan menggunakan media garis bilangan, hanya ada dua siswa yang mau maju untuk menyelesaikan soal-soal latihan tersebut, padahal jumlah soal latihan yang diberikan oleh guru ada lima butir soal.
             Hal ini disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran guru tidak menggunakan media kongkret yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Sehingga tingkat pemahaman dan perhatian siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru dengan menggunakan media garis bilangan masih sangat rendah dan membuat guru merasa belum berhasil dalam menyampaikan materi.
             Dari situasi tersebut, guru dituntut untuk memilih media pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, perlu untuk membuat kembali kegiatan dalam siklus II yang diharapkan akan menghasilkan yang lebih baik dan meningkatkan nilai rata-rata kelas yang masih rendah yaitu 46,55.

b. Siklus II
                    Siklus II dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Pada siklus ini dilakukan perbaikan dari kekurangan yang ada pada siklus I.
1)      Tahap Perencanaan
-          Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang materi pengurangan pada bilangan bulat.               
-          Mempersiapkan media pembelajaran berupa mobil garis bilangan untuk materi pengurangan pada bilangan bulat yang diharapkan dapat meningkatkan perhatia dan pemahaman siswa.
-          Menyiapkan lembar evaluasi dan lembar hasil belajar siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman dan prestasi siswa tentang pengurangan bilangan bulat.
2)      Tahap Tindakan
-          Melaksanakan kegiatan belajar mengajar berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.
-          Guru mengucapkan salam pembuka dan mengabsen siswa.
-          Guru mengulang pelajaran minggu lalu tentang pengurangan pada bilangan bulat.
-          Guru mendemonstrasikan penyelesaian operasi pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan media mobil garis bilangan.
-          Guru memberikan soal latihan.
-          Siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan guru.
-          Guru melakukan pemantapan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum mereka pahami.
-          Guru mengadakan evaluasi.
3) Tahap Observasi  
-          Mengamati perhatian siswa terhadap materi pengurangan pada bilangan bulat yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Mengamati perhatian siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Mengamati keaktifan siswa dalam menjawab soal-soal latihan di papan tulis dengan menggunakan lembar pengamatan.
-          Mengamati kelancaran siswa dalam mengerjakan soal evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan.
4) Tahap Refleksi
               Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru selama proses pembelajaran berlangsung, siswa terlihat mulai memperhatikan materi pembelajaran tentang pengurangan pada bilangan bulat.
               Dengan penggunaan media mobil garis bilangan yang dipilih guru dalam menyampaikan materi pengurangan pada bilangan bulat, siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal ini disebabkan karena media mobil garis bilangan yang bentuknya seperti mainan sangat menarik perhatian mereka, sehingga ketika guru memberikan soal latihan yang harus diselesaikan dengan menggunakan media mobil garis bilangan tersebut, siswa bersemangat untuk maju, menyelesaikan soal latihan di papan tulis dengan benar, dan ketika tahap evaluasi sudah menunjukkan hasil yang memuaskan dengan nilai rata-rata 77,93. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media mobil garis bilangan dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV semester 2.
                 Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan ini merupakan kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas IV SDN  Ngasinan 01 Susukan.

I.                    JADWAL PENELITIAN
- Perencanaan                                : Selasa, 11 Maret 2010
- Persiapan                                     : Siklus I          : Rabu, 12 Mei 2010
                                                        Siklus II        : Sabtu, 15 Mei 2010
-       Pelaksanaan                               : Siklus I          : Kamis, 13 Mei 2010
                                                        Siklus II        : Kamis, 20 Mei 2010
-       Penulisan Laporan                     : Kamis, 20 Mei 2010 – Sabtu, 22 Mei 2010

J.                    BIAYA PENELITIAN

No
Jenis Pengeluaran
Biaya
1.
Fotocopy soal evaluasi
@ Rp 100,- x 24 = Rp 2400,-
2.
Kertas Asturo
Rp 1500,-
3.
Gabus
Rp 2000,-








K.    PERSONALIA PENELITIAN
-       Nama          : IHSAN MAULIDIN
-       Jabatan        : Guru Kelas III
-       Unit Kerja   : SDN Ngasinan 01 Susukan
-       Peran           : Peneliti

L.     DAFTAR PUSTAKA
1.      Dahim, et.al (1993). Pendidikan  Matematika II. Jakarta. Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D2 dan Pendidikan Kependudukan.
2.      Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Perdana Media
3.      Soewito, et.al (1992/1993). Pendidikan Matematika I. Jakarta. Depdikud Dirjen Dikti Proyek  Pembinaan Tenaga Pendidikan.
4.      Sumantri, Mulyani. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Maulana.

                          

    














Tidak ada komentar:

Posting Komentar