USULAN PTK
OLEH : IHSAN MAULIDIN
NIM : 815187288
UNIVERSITAS TERBUKA 2010
USULAN PTK
A.
JUDUL PENELITIAN
Upaya meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar siswa dengan media mobil garis bilangan pada pelajaran Matematika
materi pokok pengurangan pada bilangan bulat kelas IV semester 2 SDN Ngasinan
01 Susukan.
B.
BIDANG KAJIAN
Desain dan strategi pembelajaran
C.
PENDAHULUAN
Dalam proses belajar mengajar, belajar
merupakan interaksi antara guru dan siswa. Proses belajar mengajar akan menarik
perhatian siswa dalam menumbuhkan motivasi belajar mereka apabila dalam
menyampaikan materi guru menggunakan media atau alat peraga yang disesuaikan
dengan materi dan tingkat kebutuhan siswa.
Di dalam menyampaikan materi
pembelajaran, terkadang guru tidak menggunakan alat peraga atau media
pembelajaran, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan ketika guru
menyampaikan materi pembelajaran.
Jika masalah ini tidak diatasi
mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dan berdampak pada hasil
belajar siswa yang rendah.
D.
PERUMUSAN DAN PEMECAHAN
MASALAH
PERUMUSAN MASALAH :
Bagaimana cara meningkatkan
pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV semester 2 tentang pengurangan pada
bilangan bulat?
PEMECAHAN MASALAH :
Alternatif tindakan :
1. Guru
menggunakan pendekatan kontekstual dalam mengajarkan Matematika.
Alasan : pendekatan
mengaitkan pelajaran dengan dunia anak, menggunakan media pembelajaran dan
mengaktifkan siswa.\
2. Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mencari alternatif pemecahan soal dengan menggunakan
media pembelajaran yang disediakan guru.
Alasan : dengan memberi
kesempatan kepada siswa untuk memecahkan soal yang diberikan dengan menggunakan
media pembelajaran, pemahaman siswa akan meningkat, yang akhirnya hasil belajar
siswa akan meningkat pula.
E.
TUJUAN PENELITIAN
Penggunaan media pembelajaran yang
kongkret dalam menjelaskan materi dapat memudahkan siswa dalam memahami dan
meningkatkan hasil belajar siswa.
F.
MANFAAT HASIL
PENELITIAN
1. Bagi
sekolah
Penelitian Tindakan
Kelas akan dijadikan salah satu masukan penting dalam pengembangan kurikulum di
tingkat sekolah.
2. Bagi
guru
Penelitian Tindakan
Kelas sangat bermanfaat dalam meningkatkan atau memperbaiki proses pembelajaran
serta mengembangkan profesionalisme guru.
3. Bagi
siswa
Dengan pengembangan dan
peningkatan pendekatan, metode, atau gaya belajar yang disampaikan guru, dapat
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
G.
KAJIAN PUSTAKA
-
Pada pembelajaran
Matematika, pengurangan merupakan invers dari penjumlahan. ( Soewito,
Pendidikan Matematika I, Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga
Pendidikan, Jakarta, 1992/1998, Hal. 46)
-
Bilangan bulat adalah
merupakan gabungan antara bilangan asli dengan bilangan-bilangan negatifnya,
serta bilangan nol. ( Dahim, et al, Pendidikan Matematika II, Depdikbud Proyek
Peningkatan Mutu Guru SD setara D2dan Pendidikan Kependudukan, Jakarta, 1993,
Hal. 248)
-
Untuk p dan q bilangan
bulat selisih atau pengurangan q dari p (ditulis p-q) adalah bilangan bulat r,
jika dan hanya jika p=q+r. (Soewito, et al, Op cit, Hal.100)
-
Untuk menjawab bentuk
soal pengurangan pada bilangan bulat tentu peragaan dengan garis bilangan dan
diagram panah akan sangat membantu. (Dahim, Op cit, Hal. 284)
-
Menurut Gerlach secara
umum media itu meliputi orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang mneciptakan
kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan
sikap. (Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Kencana Perdana Media, Jakarta,
2006, Hal 161)
-
Rossy dan Breidle
(1966:3) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan
yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan seperti radio, televisi,
buku, koran, majalah, dan sebagainya. (Wina Sanjaya, ibid)
-
Secara umum media
berfungsi sebagai :
1. Alat
bantu untuk mewujudkan situasi belajarmengajar yang efektif.
2. Bagian
integral dari keseluruhan situasi mengajar.
3. Meletakkan
dasar-dasar yang kongkret dari konsep yang abstrak sehingga dapat mengurangi
pemahaman yang bersifat verbalisme.
4. Membangkitkan
motivasi belajar peserta didik.
5. Mempertinggi
mutu belajar mengajar ( Mulyani
Sumantri, Johar Permana, Strategi Belajar Mengajar, Maulana, Bandung, 2001,
Hal.154)
Jadi,
dalam proses belajar mengajar penggunaan media dimaksudkan agar siswa yang
terlibat dalam kegiatan belajar itu terhindar dari gejala verbalisme, yaitu mengetahui
kata-kata yang disampaikan guru tetapi tidak memahami arti atau maknanya.
H.
RENCANA DAN PROSEDUR
PENELITIAN
1. a.
Subjek penelitian : Siswa kelas IV
b. Tempat : SDN Ngasinan 01 Susukan
c. Waktu : 5 hari
d. Lama tindakan
: 2 x 2 jam pelajaran
2.
Langkah-Langkah PTK :
a. Siklus I
1)
Tahap Perencanaan
-
Menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang materi pengurangan pada bilangan bulat.
-
Mempersiapkan media
pembelajaran berupa garis bilangan yang akan digunakan untuk menyampaikan
materi mengenai pengurangan pada bilangan bulat.
-
Menyiapkan lembar
evaluasi dan lembar hasil belajar siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman dan
prestasi siswa tentang pengurangan bilangan bulat.
2) Tahap Tindakan
-
Melaksanakan kegiatan
belajar mengajar berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah
dibuat.
-
Guru mengucapkan salam
pembuka dan mengabsen siswa.
-
Guru mengulang materi
minggu lalu yang berhubungan dengan bilangan bulat.
-
Guru mulai menjelaskan
tentang operasi pengulangan pada bilangan bulat.
-
Guru mendemonstrasikan
penyelesaian operasi pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan media
garis bilangan.
-
Guru memberikan soal
latihan.
-
Siswa mengerjakan soal
latihan yang diberikan guru.
-
Guru melakukan
pemantapan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang
materi yang belum mereka pahami.
-
Guru mengadakan
evaluasi.
3)
Tahap Observasi
-
Mengamati perhatian
siswa terhadap materi pengurangan pada bilangan bulat yang disampaikan oleh
guru dengan menggunakan lembar pengamatan.
-
Mengamati perhatian
siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menggunakan
lembar pengamatan.
-
Mengamati keaktifan
siswa dalam menjawab soal-soal latihan di papan tulis dengan menggunakan lembar
pengamatan.
-
Mengamati kelancaran
siswa dalam mengerjakan soal evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan.
4)
Tahap Refleksi
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru selama
proses pembelajaran berlangsung, perhatian siswa terhadap materi tentang
pengurangan pada bilangan bulat yang disampaikan dan media yang digunakan oleh
guru sangat kurang. Selain itu, ketika guru menyuruh siswa untuk menjawab
soal-soal latihan di papan tulis dengan menggunakan media garis bilangan, hanya
ada dua siswa yang mau maju untuk menyelesaikan soal-soal latihan tersebut,
padahal jumlah soal latihan yang diberikan oleh guru ada lima butir soal.
Hal ini disebabkan karena dalam menyampaikan materi
pembelajaran guru tidak menggunakan media kongkret yang sesuai dengan minat dan
kebutuhan siswa. Sehingga tingkat pemahaman dan perhatian siswa terhadap materi
yang diberikan oleh guru dengan menggunakan media garis bilangan masih sangat
rendah dan membuat guru merasa belum berhasil dalam menyampaikan materi.
Dari situasi tersebut, guru dituntut untuk memilih media
pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu,
perlu untuk membuat kembali kegiatan dalam siklus II yang diharapkan akan
menghasilkan yang lebih baik dan meningkatkan nilai rata-rata kelas yang masih
rendah yaitu 46,55.
b.
Siklus II
Siklus II dilaksanakan
berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Pada siklus ini dilakukan perbaikan
dari kekurangan yang ada pada siklus I.
1) Tahap
Perencanaan
-
Menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang materi pengurangan pada bilangan
bulat.
-
Mempersiapkan media
pembelajaran berupa mobil garis bilangan untuk materi pengurangan pada bilangan
bulat yang diharapkan dapat meningkatkan perhatia dan pemahaman siswa.
-
Menyiapkan lembar
evaluasi dan lembar hasil belajar siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman dan
prestasi siswa tentang pengurangan bilangan bulat.
2) Tahap
Tindakan
-
Melaksanakan kegiatan
belajar mengajar berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah
dibuat.
-
Guru mengucapkan salam
pembuka dan mengabsen siswa.
-
Guru mengulang
pelajaran minggu lalu tentang pengurangan pada bilangan bulat.
-
Guru mendemonstrasikan
penyelesaian operasi pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan media
mobil garis bilangan.
-
Guru memberikan soal
latihan.
-
Siswa mengerjakan soal
latihan yang diberikan guru.
-
Guru melakukan
pemantapan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang
materi yang belum mereka pahami.
-
Guru mengadakan
evaluasi.
3)
Tahap Observasi
-
Mengamati perhatian
siswa terhadap materi pengurangan pada bilangan bulat yang disampaikan oleh
guru dengan menggunakan lembar pengamatan.
-
Mengamati perhatian
siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menggunakan
lembar pengamatan.
-
Mengamati keaktifan
siswa dalam menjawab soal-soal latihan di papan tulis dengan menggunakan lembar
pengamatan.
-
Mengamati kelancaran
siswa dalam mengerjakan soal evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan.
4)
Tahap Refleksi
Berdasarkan hasil observasi yang
dilakukan guru selama proses pembelajaran berlangsung, siswa terlihat mulai
memperhatikan materi pembelajaran tentang pengurangan pada bilangan bulat.
Dengan penggunaan media mobil
garis bilangan yang dipilih guru dalam menyampaikan materi pengurangan pada
bilangan bulat, siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal ini
disebabkan karena media mobil garis bilangan yang bentuknya seperti mainan
sangat menarik perhatian mereka, sehingga ketika guru memberikan soal latihan
yang harus diselesaikan dengan menggunakan media mobil garis bilangan tersebut,
siswa bersemangat untuk maju, menyelesaikan soal latihan di papan tulis dengan
benar, dan ketika tahap evaluasi sudah menunjukkan hasil yang memuaskan dengan
nilai rata-rata 77,93. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media mobil
garis bilangan dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV
semester 2.
Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan ini merupakan kolaborasi
antara peneliti dengan guru kelas IV SDN
Ngasinan 01 Susukan.
I.
JADWAL PENELITIAN
- Perencanaan : Selasa, 11
Maret 2010
- Persiapan : Siklus I : Rabu, 12 Mei 2010
Siklus II :
Sabtu, 15 Mei 2010
- Pelaksanaan : Siklus I : Kamis, 13 Mei 2010
Siklus II :
Kamis, 20 Mei 2010
- Penulisan
Laporan : Kamis, 20
Mei 2010 – Sabtu, 22 Mei 2010
J.
BIAYA PENELITIAN
No
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya
|
1.
|
Fotocopy soal evaluasi
|
@ Rp 100,- x 24 = Rp 2400,-
|
2.
|
Kertas Asturo
|
Rp 1500,-
|
3.
|
Gabus
|
Rp 2000,-
|
|
|
|
|
|
|
K. PERSONALIA
PENELITIAN
- Nama : IHSAN MAULIDIN
- Jabatan : Guru Kelas III
- Unit
Kerja : SDN Ngasinan 01 Susukan
- Peran : Peneliti
L. DAFTAR
PUSTAKA
1. Dahim,
et.al (1993). Pendidikan Matematika II. Jakarta. Depdikbud Proyek
Peningkatan Mutu Guru SD Setara D2 dan Pendidikan Kependudukan.
2. Sanjaya,
Wina. (2006). Strategi Pembelajaran.
Jakarta. Kencana Perdana Media
3. Soewito,
et.al (1992/1993). Pendidikan Matematika
I. Jakarta. Depdikud Dirjen Dikti Proyek
Pembinaan Tenaga Pendidikan.
4. Sumantri,
Mulyani. (2001). Strategi Belajar
Mengajar. Bandung. Maulana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar