SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Purworejo
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah
kecamatan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Siswa
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan
desa dan pemerintah kecamatan.
|
Desa
Kelurahan.
Kecamatan.
|
§ Menyimak pemahaman desa
menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
§ Menyebutkan persyaratan
yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
§ Memahami arti
pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
§ Mengenal pemerintahan
desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat
desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
§ Menyebutkan persyaratan
dan cara pemilihan kepala desa.
§ Menyebutkan tugas,
wewenang, dan kewajiban kepala desa.
§ Mengetahui
pertanggungjawaban kepala desa.
§ Menyebutkan
sumber-sumber keuangan desa.
§ Menyimak pemahaman
kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
§ Menyebutkan persyaratan
yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
§ Memahami arti pembentukan,
penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
§ Mengidentifikasi
perbedaan antara kelurahan dan desa.
§ Mengenal lurah dan
perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-seksi, dan jabatan
fungsional).
§ Menyebutkan
sumber-sumber keuangan kelurahan.
§ Menyimak pemahaman
tentang pengertian kecamatan.
§ Mengenal camat dan
perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
§ Mengetahui tugas dan
pertanggungjawaban camat.
§ Mengetahui partner kerja
sama camat (Danramil dan Kapolsek)
|
§ Menjelaskan lingkungan
desa.
§ Menyebutkan perangkat
desa.
§ Menyebutkan sumber
keuangan desa
§ Menjelaskan lingkungan
kelurahan.
§ Menyebutkan perangkat
kelurahan.
§ Menyebutkan sumber
keuangan kelurahan.
§ Menjelaskan lingkungan
kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
|
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa pemerintah desa
dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah
desa?
§ Mengumpulkan laporan dan
mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada
kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§ Mengumpulkan laporan dan
mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab
kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?
|
4x35
menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst).
|
1.2. Menggam-barkan
struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.
|
Struktur pemerintahan
desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
§ Mengamati gambar
struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan desa,
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan kecamatan.
|
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ gambarkan struktur
pemerintahan desa.
§ gambarkan struktur
pemerintahan kelurahan.
§ gambarkan struktur
pemerintahan kecamatan.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Ngasinan 01
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan
provinsi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Karakter Siswa
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.1
Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan
kabupaten, kota, dan provinsi.
|
Pemerintah kabupaten/ kota.
Pemerintah provinsi di Indonesia.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
|
§ Menyebutkan kepala
daerah kabupaten/kota.
§ Mengenal perangkat
daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis
daerah, kecamatan, dan kelurahan).
§ Menjelaskan cara
pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
§ Menyimak pemahaman
tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
§ Menyebutkan kewajiban
daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
§ Mengenal pemerintahan
provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggung jawabannya.
§ Menyimak pemahaman
tentang kewenangan daerah provinsi.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.
§ Memahami pengertian
DPRD.
§ Mengetahui keanggotaan
DPRD
§ Menyebutkan tugas,
wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
§ Menjelaskan pemerintahan
kabupaten/kota.
§ Menyebutkan kewenangan
pemerintah kabupaten/kota.
§ Menjelaskan pemerintahan
provinsi.
§ Menyebutkan kewenangan
pemerintah provinsi.
§ Memahami tugas,
wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan
§ Penilaia unjuk kerja
(keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
|
§ Apa yang dimaksud dengan
otonomi daerah?
§ Mengapa gubernur wajib
memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
2.2
Menggambar-kan struktur organisasi kabupaten, kota, dan
provinsi.
|
§ Struktur pemerintahan
kabupaten/kota dan provinsi.
|
§ Mengamati gambar
struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
§
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
§ gambarkan struktur
pemerintahan kabupaten/ kota.?
§ gambarkan struktur
pemerintahan provinsi.?
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Ngasinan 01
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Karakter Siswa
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1
Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.
|
§ Pengertian pemerintah.
§ Komponen pemerintahan di
Indonesia
|
§ Menyimak pengertian
pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§ Menyebutkan
kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§ Menyimak pemahaman
tentang sistem presidensial.
§ Menyebutkan
lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§ Menjelaskan keanggotaan
MPR, DPR, dan DPD.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§ Menjelaskan pengertian
lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan para
pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang presi-den selaku kepala negara.
§ Menyebutkan
§ tugas dan wewenang
presiden selaku kepala pemerintahan.
§ Menjelaskan pengertian
lembaga yudikatif.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§ Menjelaskan keanggotaan
BPK.
§ Menjelaskan tugas dan
wewenang BPK.
§ Menjelaskan tugas dan
wewenang KPU.
|
§ Menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga
legislatif
§ Menjelaskan lembaga
eksekutif
§ Menjelaskan lembaga
yudikatif
§ Menjelaskan Badan
Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi
Pemilihan Umum
§
|
|
Tugas individu
Tugas kelompok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
§ Mengapa dalam suatu
negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan
keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan
wewenangnya?
§ Apa arti lembaga eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas
presiden?
§ Mendiskusikan
lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan
lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas
BPK diserahkan?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
3.2 Menyebutkan
organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan
para menteri.
|
§ Lembaga eksekutif
|
§ Menjelaskan pengertian lembaga
eksekutif.
§ Menyebutkan para
pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang presiden selaku kepala negara.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
|
§ Memahami lembaga
eksekutif (presiden).
|
|
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
|
§ Sebutkan organisasi
pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para
menteri?
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Ngasinan 01
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 4. Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Karakter Siswa
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.1
Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di
lingkungannya.
|
§ Arti dan sejarah globalisasi.
§ Kita di tengah-tengah globalisasi
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
|
§ Memahami manusia sebagai
makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§ Memahami arti
globalisasi.
§ Mengetahui sejarah
globalisasi dan perkembangan-nya.
§ Menceritakan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap kita
terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menceritakan proses
globalisasi.
§ Menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap
terhadap pengaruh globalisasi.
|
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan
(keberanian menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Buatlah tabel mengenai
makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§
§ Mengapa permainan playstation
atau game di komputer di Indonesia?
|
4 x 35
menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
4.2 Mengidentifikasi jenis
budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
|
§ Kita di tengah-tengah
globalisasi.
|
§ Menyebutkan
contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
§ Menampilkan dampak
positif.
§ globalisasi, seperti
mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
|
§ Menjelaskan globalisasi
kebudayaan.
|
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Buatlah daftar mengenai jenis
budaya asing yang kini popular di Indonesia.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
|
4.3. Menentukan sikap
terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
|
§ Sikap kita terhadap
globalisasi
|
§ Menyebutkan dampak
negatif dan positif dari globalisasi.
§ Menyebutkan
contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§ Menentukan sikap kita
terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
|
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengisi kolom skala sikap.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku PKn
untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga,
sekolah, Masyarakat, dst.).
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar