Like Melayang

Rabu, 21 November 2012

CONTOH SILABUS



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   SD Negeri Purworejo
Mata Pelajaran                                      :   Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester                                    :   IV / 1
Standar Kompetensi                             :   1.  Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator

Karakter  Siswa
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
















Desa
Kelurahan.
Kecamatan.
§  Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
§  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
§  Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
§  Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
§ Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
§  Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
§  Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.
§  Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.
§  Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
§  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
§  Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
§  Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa.
§  Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-seksi, dan jabatan fungsional).
§ Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.
§ Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.
§ Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
§ Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.
§ Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)
§  Menjelaskan lingkungan desa.
§  Menyebutkan perangkat desa.
§  Menyebutkan sumber keuangan desa
§  Menjelaskan lingkungan kelurahan.
§  Menyebutkan perangkat kelurahan.
§  Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
§  Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.

Tugas individu





























§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
§ Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§  Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?
4x35
menit



















§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§ Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst).





1.2. Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.


Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
§ Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
§ Memahami gambar struktur pemerintahan desa,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kecamatan.

Tugas individu







§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  gambarkan struktur pemerintahan desa.
§  gambarkan struktur pemerintahan kelurahan.
§  gambarkan struktur pemerintahan kecamatan.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§ Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).


SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                                       :   SD Negeri Ngasinan 01
Mata Pelajaran                                      :   Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester                                    :   IV / 1
Standar Kompetensi                             :   2.  Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Karakter Siswa
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Pemerintah kabupaten/ kota.
Pemerintah provinsi di Indonesia.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
§  Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.
§  Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
§  Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
§  Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
§  Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggung jawabannya.
§  Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.
§  Memahami pengertian DPRD.
§  Mengetahui keanggotaan DPRD
§  Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
§  Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
§  Menjelaskan pemerintahan provinsi.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
§  Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.

Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian lisan
§  Penilaia unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
§  Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
§  Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
4 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
2.2     Menggambar-kan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

§  Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§  Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§  Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§   
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  gambarkan struktur pemerintahan kabupaten/ kota.?
§  gambarkan struktur pemerintahan provinsi.?
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).





SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   SD Negeri Ngasinan 01
Mata Pelajaran                                      :   Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester                                    :   IV / 2
Standar Kompetensi                             :   3.  Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Karakter Siswa
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1     Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.

§  Pengertian pemerintah.
§  Komponen pemerintahan di Indonesia
§  Menyimak pengertian pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§  Menyebutkan kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§  Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial.
§  Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§  Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§  Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
§  Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presi-den selaku kepala negara.
§  Menyebutkan
§  tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§  Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§  Menjelaskan keanggotaan BPK.
§  Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.
§  Menjelaskan tugas dan wewenang KPU.
§  Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§  Menjelaskan lembaga legislatif
§  Menjelaskan lembaga eksekutif
§  Menjelaskan lembaga yudikatif
§  Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§  Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
§   

Tugas individu
Tugas kelompok

§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)

§  Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§  Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§  Apa tugas dan wewenangnya?
§  Apa arti lembaga eksekutif?
§  Apa saja tugas-tugas presiden?
§  Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§  Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§  Apa tugas BPK?
§  Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?
4 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

§  Lembaga eksekutif
§  Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
§  Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§  Memahami lembaga eksekutif (presiden).

§  Tugas individu
§  Tugas kelom-pok
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
§  Sebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri?
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   SD Negeri Ngasinan 01
Mata Pelajaran                                      :   Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester                                    :   IV / 2
Standar Kompetensi                             :   4.     Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Karakter Siswa
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1     Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

§  Arti dan sejarah globalisasi.
§  Kita di tengah-tengah globalisasi
§  Sikap kita terhadap globalisasi.
§  Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§  Memahami arti globalisasi.
§  Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
§  Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
§  Menceritakan proses globalisasi.
§  Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.

Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Mengapa globalisasi terjadi?
§  Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§   
§  Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?
4 x 35 menit




§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
4.2     Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

§  Kita di tengah-tengah globalisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
§  Menampilkan dampak positif.
§  globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
§  Menjelaskan globalisasi kebudayaan.

Tugas individu
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan  (keluarga, sekolah, Masarakat, dst.).
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

§  Sikap kita terhadap globalisasi
§  Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§  Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
§  Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.

Tugas individu
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Mengisi kolom skala sikap.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV SD)
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, Masyarakat, dst.).



















 


               

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar