Like Melayang

Jumat, 27 September 2013

CONTOH RPP PKM DAN PKP



                 RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II
Sekolah                         :   SD Negeri Purworejo
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          :   V / 2
Pelaksanaan                 : Rabu, 14 Maret 2012
Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit (1 pertemuan)
I.      Standar Kompetensi
2.      Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam   mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia
II.   Kompetensi Dasar
2.1    Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang daerah pada penjajahan Belanda dan Jepang
III. Indikator
·         Menjelaskan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah belanda
IV. Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menyebutkan nama-nama  tokoh pejuang daerah, asal daerah,  nama peperangan, dan tahun perjuangan dalam mengusir penjajahan Belanda
·         Siswa memahami gambar – gambar para pahlawan pejuang daerah.
·         Siswa mengetahui peta wilayah perjuangan para tokoh daerah.
V.    Tujuan Perbaikan**
Melalui   metode diskusi dan media Pembelajaran berupa peta dan gambar konkret siswa dapat :
·         Menghargai jasa-jasa para pahlawan dan dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan oleh guru melalui metode diskusi.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun          ( diligence ) , dan Jujur ( fairnes )
VI.   Materi Pokok
·         Perjuangan dalam melawan penjajahan Belanda.
1.      Perlawanan Pattimura (1817)
Perlawanan Pattimura terjadi di daerah Maluku, yang di pimpin oleh Thomas Matulessi atau Patimura. Peperangan ini terjadi karena:
a.       Benteng Duurstede telah diduduki Belanda
b.      Rakyat dipaksa menjual hasil pertaianya kepada Belanda
c.       Diperlakukanya hak eksturpasi dan pelayaran hongi, dengan tujuan mengawasi setiap pulau dan membuang hasil rempah-rempah yang berlebihan.
2.      Perang Paderi (1821 – 1837)
Perang Paderi terjadi di daerah Sumatera Barat, yang di pimpin oleh Datuk Bandoro, dan kemudian digantikan oleh Tuanku Imam Bonjol. Peperangan ini terjadi karena:
a.       Terjadi perselisihan antara kaum paderi dengan kaum adat.
b.      Belanda memperlakukan sistem tanam paksa bagi masyarakat Minangkabau.
3.      Perang Diponegoro (1825 – 1830)
Perang Diponegoro terjadi di daerah Jawa Tengah, yang dipimpin oleh Raden Mas Ontowiryo atau lebih dikenal Pangeran Diponegoro. Peperangan ini terjadi karena:
a.       Pemasangan toggak-tonggak jalan rel kereta api diatas makam
leluhur pangeran Diponegoro.
b.      Wilayah Mataram semakin dipersempit
c.       Penderitaan rakyat karena dibebani pajak yang tinggi.
d.      Peradaban barat yang bertentangan dengan ajaran islam.
4.      Perang Banjarmasin (1859 – 1863)
Peperangan ini terjadi di daerah Kalimantan Selatan, yang dipimpin oleh Pangeran Antasari, penyebab terjadinya peperangan adalah:
a.       Belanda melakukan monopoli perdagangan terhadap kerajaan.
b.      dan mencampuri urusan intern kerajaan.
5.      Perang Bali (1846 – 1868)
Perang ini terjadi di daerah pulau Bali, Perang Bali di pimpin oleh Raja-Raja dari Bali diantaranya Raja Buleleng yaitu I Gusti Ngurah Made dan patihnya bernama I Gusti Ketut Jelantik. Perang Bali dilatar belakangi oleh:
a.       Raja-raja Bali memberlakukan hukum Tawan Karang,
yaitu hak untuk merampas kapal-kapal asing yang terdampar di wilayahnya.
b.      Raja-raja Bali tidak mau mengakui kedaulatan Belanda di Bali.
VII.  Metode Pembelajaran
·         Ceramah.                                         Unjuk Kerja.
·         Tanya Jawab.                                   Penugasan.
·         Diskusi.
·         kerja kelompok.
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan Awal  (5 menit)
F Siswa diajak berdoa bersama - sama
F Presensi kehadiran siswa.
F Mengkondisikan siswa pada suasana pembelajaran yang efektif.
F Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
F Memberi apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari.
·       Kegiatan Inti  (40 menit)
&    Eksplorasi
F Siswa diajak memperhatikan peta wilayah dan gambar-gambar  tokoh pejuang daerah pada halaman 140-144 buku IPS kelas 5 SD.
F Siswa diajak mencari informasi perjuangan para tokoh-tokoh daerah dalam melawan penjajahan belanda.
F Siswa di bimbing mencatat materi-materi penting yang di temukan dalam pembelajaran
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
&    Elaborasi
F Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 5 – 6 anak.
F Setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan tugas yang telah disiapkan oleh guru
1.      Membuat daftar nama peperangan, nama tokoh daerah, tahun perjuangan, dan penyebab terjadinya peperangan
2.      menyebutkan wilayah perjuangan tokoh-tokoh daerah melalui gambar peta.
F Memberi kesempatan kepada anak untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar melalui unjuk kerja hasil laporan di depan kelas.
&    Konfirmasi
F Siswa diajak membahas hasil laporan yang telah di kerjakan serta penegasan materi pembelajaran.
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi yang dilakukan siswa.
·         Kegiatan Penutup (25 menit)
F Siswa diajak menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Mengerjakan latihan soal uji kompetensi ( tes formatif)
F Pembahasan  latihan soal uji kompetensi ( tes formatif)
F melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling atau pemberian tugas.
VII.          Sumber, Alat dan Media Pembelajaran
A.    Sumber  Pembelajaran
1.      Silabus pembelajan IPS kelas V
2.      Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas 5 SD (BSE), Endangsusila Ningsih, Aneka Ilmu tahun 2008, halaman 140 – 144.
3.      Pengetahuan Sosial Terpadu untuk kelas 5 SD (KBK), Tim Bina Karya Guru, Erlangga tahun 2004, halaman 121 – 128.

4.      IPS Terpadu untuk kelas 5 SD (KTSP), Tim Bina Karya Guru, Erlangga tahun 2006, halaman 111 – 120.
5.      LKS Permata Ilmu Pengetahuan Sosial, halaman 8 – 10.
B.     Alat  dan Media pembelajaran
1.      Gambar – gambar tokoh pejuang daerah
2.      Atlas.
3.      Peta Indonesia.
XI.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.       Penilaian awal (pre test), untuk melihat kemampuan awal siswa.
b.      Penilaian Proses, untuk melihat kerjasama siswa.
c.       Penilaian Akhir ( post test), untuk mengukur kemampuan siswa setelah pembelajaran
2.      Jenis dan Bentuk Test
a.       Tes lisan, dilakukan sebelum pembelajaran melalui tanya jawab.
b.      Test Kinerja ( Performance Test), dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung,  melalui kerja kelompok dan diskusi.
c.       Tes Tertulis bentuk uraian, dilakukan pada akhir pembelajaran.
3.      Alat Penilaian
a.       lembar kinerja siswa, terlampir.
b.       lembar penilaian kinerja siswa, terlampir
c.        lembar soal, terlampir.
d.      kunci jawaban, terlampir.
e.       pedoman penilaian, terlampir.
f.       Soal perbaikan dan pengayaan, terlampir
g.      Kunci jawaban perbaikan, terlampir.
4.      Tindak Lanjut
Guru melakukan perbaikan kepada siswa yang mendapat nilai kurang dari 70, dan Mengadakan pengayaan kepada siswa yang mendapat nilai 70 ke atas.


                                                                                       Purworejo, 13 Maret 2012
 Mengetahui
Supervisor II                                                                  Mahasiswa



BADARUDIN, S.Pd.MM                                            IHSAN  MAULIDIN
NIP. 196411121984051001                                           NIM : 815187288 

LEMBAR KERJA SISWA I

Mata Pelajaran            :  IPS
Materi Pokok              :  perjuangan melawan penjajah Belanda
Tanggal                       :  14 Maret 2012
Diskusikan bersama kelompokmu!
Sebutkan nama-nama tokoh pejuang daerah, tahun perjuangan, asal daerah dan penyebab terjadinya peperangan  dalam melawan penjajahan Belanda !

No
Nama Peperangan
Nama Pejuang
Tahun
 Daerah
Penyebab Peperangan
1
Perang Patimura




2
Perang Paderi




3
Perang Diponegoro




4
Perang Banjarmasin




5
Perang Bali













LEMBAR KERJA SISWA II
Mata Pelajaran            :  IPS
Materi Pokok              :  perjuangan melawan penjajah Belanda
Tanggal                       :  14 Maret 2012

Diskusikan dengan kelompokmu!
Sebutkan nama-nama peperangan  yang ditunjukkan dengan nomor pada peta  di bawah ini!
                    
                    1                             2             3         4                       5 

JAWABAN

1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR PENGAMATAN KERJA KELOMPOK
Mata  Pelajaran           : IPS
Materi Pokok              : perjuangan melawan penjajahan Belanda
Kelas / Semester          : V / 2
Hari / Tanggal             : Rabu, 14 Maret 2012
No
Nama Siswa
Kerjasa-ma
Tanggung Jawab
Ide / Gagasan
Jml
NA
Ket
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4



1












ü   



2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10
















11
















12
















13
















14
















15
















16
















17
















18
















19
















20
















21
















22
















Jumlah















Rata - rata
















Keterangan :
1.      Kurang
2.      Cukup
3.      Baik
4.      Baik sekali


NA =  Perolehan Skor X 100
          Jumlah Skor maksimal



                                                                                    Purworejo, 14 Maret 2012
                                                                                   Mahasiswa


                                                                                    IHSAN  MAULIDIN
                                    NIM : 815187288   












LEMBAR SOAL TEST FORMATIF

Nama Siswa    : ______________                                        No Absen : ________
I.   Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang kamu anggap paling benar !
1.      Siapa tokoh yang gigih melawan Belanda dalam peperangan di Bali  ...
a.       I Gusti Ngurah Rai
b.      Ketut Gusti Jelantik
c.       Sisingamangaraja
d.      Pangeran Poliph
2.      Siapa nama lain kapiten Pattimura .....
a.       Thomas Anderson
b.      Thomas Buykes
c.       Fort De Kock
d.      Thomas Matulessi
3.      Perang habis-habisan rakayat Bali disebut  .....
a.       Perang  puputan
b.      Perang  panutan
c.       Perang tawan karang
d.      Perang Diponegoro
4.      Pertentaangan kaum adat dengan kaum agama menimbulkan perang  ...
a.       Padang                                                            c.  Paderi
b.      Minangkabau                                      d.  Agama
5.      Perang  Paderi berlangsung selama  ....
a.       15 tahun                                              c.  17 tahun
b.      16 tahun                                              d.  18 tahun
6.      Budi anak yang pandai dalam mata pelajaran IPS, tetapi ia tidak mau membantu belajar teman-temanya. Sikap Budi yang tepat seharusnya  .....
a.       Membantu asalkan ada imbalan.
b.      Membantu teman-temannya dengan ikhlas.
c.       Membantu denagan berat hati.
d.      Membantu setengah-setengah.
7.      Pada pembelajaran IPS kelompok Wawan mendapat nilai paling rendah dari kelompok-kelompok lain, sikap kelompok wawan seharusnya  .....
a.       Marah dan memaki kelompok yang lain.
b.      Tetap berusaha dan bersemangat.
c.       Terima saja apa adanya
d.      Menutupinya dengan cara berbohong.
8.      Siapa nama kecil pangeran Diponegoro?
a.       Raden Mas Ontowiryo
b.      Adipati Anom
c.       Raden Mas Jayawijaya
d.      Raden Mas Suwiryo
9.      Ketika daerah Tegalrejo dibakar oleh Belanda pangeran Diponegoro bersembunyi di  ....
a.       Bukut Tinggi                                       c.  Bukit Selarong
b.      Bukit Kapur                                        d.  Bukit Dagu.
10.  Apa tujuan Belanda melakukan pelayaran Hongi?
a.       Menangkap kapiten Pattimura.
b.      Melakukan perdagangan dengan negara-negara lain
c.       Menyerbu daerah Maluku dengan pasukan yang besar.
d.      Mengawasi pulau-pulau perniagaan dan membuang rempah-rempah yang berlebihan
II. Jawablah  pertanyaan – pertanyaan  di bawah  ini  dengan  tepat !
1.      Apa  penyebab terjadinya perang Diponegoro?
2.      Mengapa perang Bali disebut sebagai perang puputan?
3.      Sebutkan tokoh – tokoh yang membantu Thomas Matulessi dalam peperangan melawanan Belanda !
4.      Mengapa terjadi pertentangan antara kaum adat dengan kaum padri?
5.      Sebagai anak pelajar apa yang harus kamu lakukan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?


KUNCI JAWABAN
Romawi  I
1.      b                                                                6.   b
2.      d                                                                7.   b
3.      a                                                                8.   a
4.      c                                                                9.   c
5.      b                                                                10. d

Romawi II
1.      Perang Diponegoro terjadi karena kekecewaan atas campur tangan Belanda terhadap istana dan tanah kelahiranya. Dan juga dikarenakan Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta api melewati makam leluhurnya.
2.      Karena saat itu rakyat Bali ingin mempertahankan tanah airnya dengan berperang sampai  titik darah penghabisan.
3.      Tokoh – tokoh yang membantu Thomas Matulessi adalah : Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu dan Christina Martha Tiahahu.
4.      Karena kaum Padri ingin memurnikan ajaran Islam tanpa dicampuri kebiasaan – kebiasaan buruk kaum adat
5.       -    Belajar dengan giat
-      Berbuat jujur dan tanggung jawab
-      Mengharumkan nama Indonesia
-      Peduli terhadap orang lain, dsb.
-      ( kebijaksanaan guru)







PEDOMAN PENILAIAN

Romawi  I
Jawaban benar skor 1
N =  B x 1
Romawi II
Jawaban sempurna skor 5
N =  B x 5


NA =  Perolehan Skor X 100
        Jumlah Skor maksimal



Contoh Penilaian:
I    B x 1 =  10
II   B x 5 =  25 +
                   35
NA =  35  x 100
           35
       =  100










DAFTAR NILAI TEST FORMATIF
SIKLUS II

Mata  Pelajaran           : IPS
Materi Pokok              : perjuangan melawan penjajahan Belanda
Kelas / Semester          : V / 2
Hari / Tanggal             : Rabu, 14 Maret 2012
No
Nama Siswa
Nilai
KKM
Ketuntasan
Keterangan
70
T
BT
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22









Jumlah





Rata – rata





                                                                                   

                                                                                    Purworejo, 14 Maret 2012
                                                                                   Mahasiswa


                                                                                    IHSAN  MAULIDIN
                                     NIM : 815187288   

LEMBAR SOAL PERBAIKAN


Nama Siswa    : ______________                                        No Absen : ________

Jawablah  pertanyaan – pertanyaan  di bawah  ini  dengan  tepat !
1.      Apa  penyebab terjadinya perang Diponegoro?
2.      Mengapa perang Bali disebut sebagai perang puputan?
3.      Sebutkan tokoh – tokoh yang membantu Thomas Matulessi dalam peperangan melawanan Belanda !
4.      Mengapa terjadi pertentangan antara kaum adat dengan kaum padri?
5.      Sebagai anak pelajar apa yang harus kamu lakukan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?




LEMBAR SOAL PENGAYAAN


Nama Siswa    : ______________                                        No Absen : ________

Baca halaman 151 tentang perjuangan Cut Nyak Dien dalam melawan penjajahan Belanda, kemudian buatlah ringkasan cerita perjuangannya.







KUNCI JAWABAN SOAL PERBAIKAN

1.      Perang Diponegoro terjadi karena kekecewaan atas campur tangan Belanda terhadap istana dan tanah kelahiranya. dan juga dikarenakan Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta api melewati makam leluhurnya.
2.      Karena saat itu rakyat Bali ingin mempertahankan tanah airnya dengan berperang sampai  titik darah penghabisan.
3.      Tokoh – tokoh yang membantu Thomas Matulessi adalah : Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu dan Christina Martha Tiahahu.
4.      Karena kaum Padri ingin memurnikan ajaran Islam tanpa dicampuri kebiasaan – kebiasaan buruk kaum adat
5.       -    Belajar dengan giat
-      Berbuat jujur dan tanggung jawab
-      Mengharumkan nama Indonesia
-      Peduli terhadap orang lain, dsb.
-      ( kebijaksanaan guru)



PEDOMAN PENILAIAN

  Jawaban sempurna skor 5
NA =  Perolehan Skor X 100
        Jumlah Skor maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar