RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II
Sekolah : SD Negeri Purworejo
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : V / 2
Pelaksanaan :
Rabu, 14 Maret 2012
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2.
Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
2.1
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang daerah pada penjajahan Belanda dan Jepang
III. Indikator
·
Menjelaskan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya
mengusir penjajah belanda
IV. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan nama-nama tokoh pejuang daerah, asal daerah, nama peperangan, dan tahun
perjuangan dalam mengusir penjajahan Belanda
·
Siswa
memahami gambar – gambar para pahlawan pejuang daerah.
·
Siswa
mengetahui peta wilayah perjuangan para tokoh daerah.
V.
Tujuan Perbaikan**
Melalui metode
diskusi dan media Pembelajaran
berupa peta dan gambar konkret
siswa dapat :
·
Menghargai
jasa-jasa para pahlawan dan dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan oleh guru melalui metode diskusi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect), Tekun ( diligence ) , dan Jujur ( fairnes )
VI.
Materi Pokok
·
Perjuangan
dalam melawan penjajahan Belanda.
1.
Perlawanan
Pattimura (1817)
Perlawanan
Pattimura terjadi di daerah Maluku, yang di pimpin oleh Thomas Matulessi atau
Patimura. Peperangan ini terjadi karena:
a. Benteng Duurstede telah diduduki Belanda
b. Rakyat dipaksa menjual hasil pertaianya
kepada Belanda
c. Diperlakukanya hak eksturpasi dan
pelayaran hongi, dengan tujuan mengawasi setiap pulau dan membuang hasil
rempah-rempah yang berlebihan.
2.
Perang
Paderi (1821 – 1837)
Perang
Paderi terjadi di daerah Sumatera Barat, yang di pimpin oleh Datuk Bandoro, dan
kemudian digantikan oleh Tuanku Imam Bonjol. Peperangan ini terjadi karena:
a. Terjadi perselisihan antara kaum paderi
dengan kaum adat.
b. Belanda memperlakukan sistem tanam paksa
bagi masyarakat Minangkabau.
3.
Perang
Diponegoro (1825 – 1830)
Perang
Diponegoro terjadi di daerah Jawa Tengah, yang dipimpin oleh Raden Mas
Ontowiryo atau lebih dikenal Pangeran Diponegoro. Peperangan ini terjadi
karena:
a. Pemasangan toggak-tonggak jalan rel kereta
api diatas makam
leluhur
pangeran Diponegoro.
b. Wilayah Mataram semakin dipersempit
c. Penderitaan rakyat karena dibebani pajak
yang tinggi.
d. Peradaban barat yang bertentangan dengan
ajaran islam.
4.
Perang
Banjarmasin (1859 – 1863)
Peperangan
ini terjadi di daerah Kalimantan Selatan, yang dipimpin oleh Pangeran Antasari,
penyebab terjadinya peperangan adalah:
a. Belanda melakukan monopoli perdagangan
terhadap kerajaan.
b. dan mencampuri urusan intern kerajaan.
5.
Perang
Bali (1846 – 1868)
Perang
ini terjadi di daerah pulau Bali, Perang Bali di pimpin oleh Raja-Raja dari
Bali diantaranya Raja Buleleng yaitu I Gusti Ngurah Made dan patihnya bernama I
Gusti Ketut Jelantik. Perang Bali dilatar belakangi oleh:
a. Raja-raja Bali memberlakukan hukum Tawan
Karang,
yaitu
hak untuk merampas kapal-kapal asing yang terdampar di wilayahnya.
b. Raja-raja Bali tidak mau mengakui
kedaulatan Belanda di Bali.
VII. Metode Pembelajaran
·
Ceramah. Unjuk
Kerja.
·
Tanya Jawab. Penugasan.
·
Diskusi.
·
kerja kelompok.
VII. Langkah-Langkah
Pembelajaran
· Kegiatan Awal (5 menit)
F Siswa diajak berdoa bersama - sama
F Presensi kehadiran siswa.
F Mengkondisikan siswa pada suasana
pembelajaran yang efektif.
F Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
F Memberi apersepsi melalui tanya jawab
tentang materi yang akan dipelajari.
· Kegiatan Inti (40 menit)
& Eksplorasi
F Siswa diajak memperhatikan peta wilayah
dan gambar-gambar tokoh pejuang daerah
pada halaman 140-144 buku IPS kelas 5 SD.
F Siswa diajak mencari informasi perjuangan
para tokoh-tokoh daerah dalam melawan penjajahan belanda.
F Siswa di bimbing mencatat materi-materi
penting yang di temukan dalam pembelajaran
F Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran.
& Elaborasi
F Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok,
masing-masing kelompok beranggotakan 5 – 6 anak.
F Setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan
tugas yang telah disiapkan oleh guru
1. Membuat daftar nama peperangan, nama tokoh
daerah, tahun perjuangan, dan penyebab terjadinya peperangan
2. menyebutkan wilayah perjuangan tokoh-tokoh
daerah melalui gambar peta.
F Memberi kesempatan kepada anak untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar melalui unjuk kerja hasil
laporan di depan kelas.
& Konfirmasi
F Siswa diajak membahas hasil laporan yang
telah di kerjakan serta penegasan materi pembelajaran.
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi yang dilakukan siswa.
·
Kegiatan
Penutup (25 menit)
F Siswa diajak menarik kesimpulan dari
materi yang telah dipelajari.
F Mengerjakan latihan soal uji kompetensi (
tes formatif)
F Pembahasan
latihan soal uji kompetensi ( tes formatif)
F melakukan penilaian dan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling atau pemberian
tugas.
VII.
Sumber,
Alat dan Media
Pembelajaran
A. Sumber
Pembelajaran
1. Silabus pembelajan IPS kelas V
2. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas 5 SD (BSE),
Endangsusila Ningsih, Aneka Ilmu tahun 2008, halaman 140 – 144.
3. Pengetahuan Sosial Terpadu untuk kelas 5
SD (KBK), Tim Bina Karya Guru, Erlangga tahun 2004, halaman 121 – 128.
4. IPS Terpadu untuk kelas 5 SD (KTSP), Tim
Bina Karya Guru, Erlangga tahun 2006, halaman 111 – 120.
5. LKS Permata Ilmu Pengetahuan Sosial,
halaman 8 – 10.
B. Alat
dan Media pembelajaran
1. Gambar – gambar tokoh pejuang daerah
2. Atlas.
3. Peta Indonesia.
XI. PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian
awal (pre test), untuk melihat kemampuan awal siswa.
b.
Penilaian Proses, untuk melihat kerjasama siswa.
c.
Penilaian Akhir ( post test), untuk mengukur kemampuan siswa setelah pembelajaran
2.
Jenis dan Bentuk Test
a.
Tes lisan,
dilakukan sebelum pembelajaran melalui tanya jawab.
b.
Test Kinerja ( Performance Test), dilakukan pada saat
pembelajaran berlangsung, melalui kerja kelompok dan diskusi.
c.
Tes Tertulis bentuk uraian, dilakukan pada akhir
pembelajaran.
3. Alat
Penilaian
a.
lembar kinerja siswa, terlampir.
b.
lembar penilaian
kinerja siswa, terlampir
c.
lembar soal,
terlampir.
d.
kunci jawaban, terlampir.
e.
pedoman penilaian, terlampir.
f.
Soal perbaikan dan pengayaan, terlampir
g.
Kunci jawaban perbaikan, terlampir.
4.
Tindak Lanjut
Guru melakukan
perbaikan kepada siswa yang mendapat nilai kurang dari 70, dan Mengadakan
pengayaan kepada siswa yang mendapat nilai 70 ke atas.
Purworejo, 13 Maret 2012
Mengetahui
Supervisor II Mahasiswa
BADARUDIN, S.Pd.MM IHSAN MAULIDIN
NIP. 196411121984051001 NIM : 815187288
LEMBAR KERJA SISWA I
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok : perjuangan melawan penjajah Belanda
Tanggal : 14 Maret 2012
Diskusikan bersama kelompokmu!
Sebutkan nama-nama tokoh
pejuang daerah, tahun perjuangan, asal daerah dan penyebab terjadinya
peperangan dalam melawan penjajahan Belanda !
No
|
Nama Peperangan
|
Nama Pejuang
|
Tahun
|
Daerah
|
Penyebab Peperangan
|
1
|
Perang Patimura
|
||||
2
|
Perang Paderi
|
||||
3
|
Perang
Diponegoro
|
||||
4
|
Perang
Banjarmasin
|
||||
5
|
Perang Bali
|
LEMBAR KERJA SISWA II
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok : perjuangan melawan penjajah Belanda
Tanggal : 14 Maret 2012
Diskusikan dengan kelompokmu!
Sebutkan nama-nama peperangan
yang ditunjukkan dengan nomor pada peta di
bawah ini!
1
2 3 4 5
JAWABAN
1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR PENGAMATAN KERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok :
perjuangan melawan penjajahan Belanda
Kelas / Semester :
V / 2
Hari / Tanggal :
Rabu, 14 Maret 2012
No
|
Nama Siswa
|
Kerjasa-ma
|
Tanggung
Jawab
|
Ide /
Gagasan
|
Jml
|
NA
|
Ket
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
ü
|
|||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||
6
|
||||||||||||||||
7
|
||||||||||||||||
8
|
||||||||||||||||
9
|
||||||||||||||||
10
|
||||||||||||||||
11
|
||||||||||||||||
12
|
||||||||||||||||
13
|
||||||||||||||||
14
|
||||||||||||||||
15
|
||||||||||||||||
16
|
||||||||||||||||
17
|
||||||||||||||||
18
|
||||||||||||||||
19
|
||||||||||||||||
20
|
||||||||||||||||
21
|
||||||||||||||||
22
|
||||||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||||
Rata - rata
|
Keterangan
:
1. Kurang
2. Cukup
3. Baik
4. Baik
sekali
NA = Perolehan Skor X 100
Jumlah Skor maksimal
|
Purworejo,
14 Maret 2012
Mahasiswa
IHSAN MAULIDIN
NIM : 815187288
LEMBAR SOAL TEST FORMATIF
Nama Siswa :
______________
No Absen : ________
I. Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang kamu anggap paling benar !
1. Siapa tokoh yang gigih melawan Belanda
dalam peperangan di Bali ...
a.
I
Gusti Ngurah Rai
b.
Ketut
Gusti Jelantik
c.
Sisingamangaraja
d.
Pangeran
Poliph
2. Siapa nama lain kapiten Pattimura .....
a.
Thomas
Anderson
b.
Thomas
Buykes
c.
Fort
De Kock
d.
Thomas
Matulessi
3. Perang habis-habisan rakayat Bali
disebut .....
a.
Perang puputan
b.
Perang panutan
c.
Perang
tawan karang
d.
Perang
Diponegoro
4. Pertentaangan kaum adat dengan kaum agama
menimbulkan perang ...
a.
Padang c. Paderi
b.
Minangkabau d. Agama
5. Perang
Paderi berlangsung selama ....
a.
15
tahun c. 17 tahun
b.
16
tahun d. 18 tahun
6. Budi anak yang pandai dalam mata pelajaran
IPS, tetapi ia tidak mau membantu belajar teman-temanya. Sikap Budi yang tepat
seharusnya .....
a.
Membantu
asalkan ada imbalan.
b.
Membantu
teman-temannya dengan ikhlas.
c.
Membantu
denagan berat hati.
d.
Membantu
setengah-setengah.
7. Pada pembelajaran IPS kelompok Wawan
mendapat nilai paling rendah dari kelompok-kelompok lain, sikap kelompok wawan
seharusnya .....
a.
Marah
dan memaki kelompok yang lain.
b.
Tetap
berusaha dan bersemangat.
c.
Terima
saja apa adanya
d.
Menutupinya
dengan cara berbohong.
8. Siapa nama kecil pangeran Diponegoro?
a.
Raden
Mas Ontowiryo
b.
Adipati
Anom
c.
Raden
Mas Jayawijaya
d.
Raden
Mas Suwiryo
9. Ketika daerah Tegalrejo dibakar oleh
Belanda pangeran Diponegoro bersembunyi di
....
a.
Bukut
Tinggi c. Bukit Selarong
b.
Bukit
Kapur d. Bukit Dagu.
10. Apa tujuan Belanda melakukan pelayaran
Hongi?
a.
Menangkap
kapiten Pattimura.
b.
Melakukan
perdagangan dengan negara-negara lain
c.
Menyerbu
daerah Maluku dengan pasukan yang besar.
d.
Mengawasi
pulau-pulau perniagaan dan membuang rempah-rempah yang berlebihan
II. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah
ini dengan tepat !
1. Apa
penyebab terjadinya perang Diponegoro?
2. Mengapa perang Bali disebut sebagai perang
puputan?
3. Sebutkan tokoh – tokoh yang membantu
Thomas Matulessi dalam peperangan melawanan Belanda !
4. Mengapa terjadi pertentangan antara kaum
adat dengan kaum padri?
5. Sebagai anak pelajar apa yang harus kamu
lakukan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?
KUNCI JAWABAN
Romawi
I
1.
b 6. b
2.
d 7. b
3.
a 8. a
4.
c 9. c
5. b 10.
d
Romawi II
1. Perang Diponegoro terjadi karena
kekecewaan atas campur tangan Belanda terhadap istana dan tanah kelahiranya.
Dan juga dikarenakan Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta
api melewati makam leluhurnya.
2. Karena saat itu rakyat Bali ingin
mempertahankan tanah airnya dengan berperang sampai titik darah penghabisan.
3. Tokoh – tokoh yang membantu Thomas
Matulessi adalah : Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu
dan Christina Martha Tiahahu.
4. Karena kaum Padri ingin memurnikan ajaran
Islam tanpa dicampuri kebiasaan – kebiasaan buruk kaum adat
5. - Belajar dengan giat
-
Berbuat
jujur dan tanggung jawab
-
Mengharumkan
nama Indonesia
-
Peduli
terhadap orang lain, dsb.
-
(
kebijaksanaan guru)
PEDOMAN
PENILAIAN
Romawi I
Jawaban benar skor 1
N
= B x 1
Romawi II
Jawaban sempurna skor 5
N
= B x 5
NA = Perolehan Skor X 100
Jumlah Skor maksimal
|
Contoh Penilaian:
I B
x 1 = 10
II
B x 5 = 25 +
35
NA =
35 x 100
35
=
100
DAFTAR NILAI TEST FORMATIF
SIKLUS II
Mata
Pelajaran : IPS
Materi Pokok :
perjuangan melawan penjajahan Belanda
Kelas / Semester :
V / 2
Hari / Tanggal :
Rabu, 14 Maret 2012
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
KKM
|
Ketuntasan
|
Keterangan
|
|
70
|
T
|
BT
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
Jumlah
|
||||||
Rata – rata
|
Purworejo, 14 Maret 2012
Mahasiswa
IHSAN MAULIDIN
NIM : 815187288
LEMBAR SOAL PERBAIKAN
Nama Siswa :
______________
No Absen : ________
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan di
bawah ini dengan
tepat !
1. Apa
penyebab terjadinya perang Diponegoro?
2. Mengapa perang Bali disebut sebagai perang
puputan?
3. Sebutkan tokoh – tokoh yang membantu
Thomas Matulessi dalam peperangan melawanan Belanda !
4. Mengapa terjadi pertentangan antara kaum
adat dengan kaum padri?
5. Sebagai anak pelajar apa yang harus kamu
lakukan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan?
LEMBAR SOAL PENGAYAAN
Nama Siswa :
______________
No Absen : ________
Baca halaman 151 tentang perjuangan Cut Nyak Dien
dalam melawan penjajahan Belanda, kemudian buatlah ringkasan cerita
perjuangannya.
KUNCI JAWABAN SOAL
PERBAIKAN
1.
Perang
Diponegoro terjadi karena kekecewaan atas campur tangan Belanda terhadap istana
dan tanah kelahiranya. dan
juga dikarenakan Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta api
melewati makam leluhurnya.
2.
Karena
saat itu rakyat Bali ingin mempertahankan tanah airnya dengan berperang
sampai titik darah penghabisan.
3. Tokoh – tokoh yang membantu Thomas
Matulessi adalah : Anthony Ribok, Philip Latumahina, Ulupaha, Paulus Tiahahu
dan Christina Martha Tiahahu.
4. Karena kaum Padri ingin memurnikan ajaran
Islam tanpa dicampuri kebiasaan – kebiasaan buruk kaum adat
5. -
Belajar dengan giat
-
Berbuat
jujur dan tanggung jawab
-
Mengharumkan
nama Indonesia
-
Peduli
terhadap orang lain, dsb.
-
(
kebijaksanaan guru)
PEDOMAN
PENILAIAN
Jawaban
sempurna skor 5
NA = Perolehan Skor X 100
Jumlah Skor maksimal
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar