BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sesuai UU Nomor 20 Th 2003 tentang sistem pendidikan Nasional yang
menyebutkan bahwa pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, Bangsa dan Negara.
PAUD sebagai pendidikan
yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, memiliki kelompok
sasaran anak usia 0 – 6 Th yang sering disebut sebagai masa emas perkembangan, oleh
karena itu penyelenggaraan PAUD harus memperhatikan dan sesuai dengan tahap-tahap
perkembangan anak.
B.
Pengertian
1.
Pendekatan
sentra adalah pendekatan penyelenggara PAUD yang berfokus pada anak dalam
proses pembelajaranya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran dengan
menggunakan pijakan.
2.
Pijakan
adalah dukungan berubah-ubah yang disesuaikan dengan perkembangan anak yang dicapai anak yang diberikan sebagai
pijakan untuk mencapai perkembangan yang lebih tinggi.
3.
Sentra
main adalah zona/area main anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat main
yang berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mendukung
perkembangan anak dalam 3 jenis main, yaitu: main sensorimotor, main peran, dan
main pembangunan.
4.
Saat
lingkaran adalah saat dimana pendidik duduk bersama anak dalam posisi melingkar
untuk memberikan pijakan kepada anak yang dilakukan sebelum dan sesudah main.
C.
TUJUAN
PEDOMAN
Tujuan dari pengadaan PAUD Memberikan pedoman kepada lembaga
penyelenggara PAUD dalam penggunaan pendekatan sentra dan lingkaran.
BAB II
PRINSIP DASAR PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN
A.
Prinsip
Pendidikan Anak Usia Dini
Penyelenggaraan
pendidikan anak usia dini didasarkan atas prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.
Berorientasi
pada kebutuhan anak.
2.
Kegiatan
belajar dilakukan melalui bermain.
3.
Merangsang
munculnya kreativitas dan inovasi.
4.
Menyediakan
lingkungan yang mendukung proses belajar.
5.
Mengembangkan
kecakapan hidup anak.
6.
menggunakan
berbagai sumber dan media belajar yang ada dilingkungan sekitar.
7.
Dilaksanakan
secara bertahap dan berulang-ulang dengan mengacu pada prinsip- prinsip perkembangan anak.
8.
Rangsangan
pendidikan bersifat menyeluruh yang mencakupnsemua aspek perkembangan.
B.
Prinsip
Perkembangan Anak
1.
anak
akan belajar dengan baik apabila kebutuhan fisiknya terpenuhi serta merasa
nyaman dan aman dalam lingkunganya.
2.
Anak
belajar secara continue.
3.
Minat
dan ketekunan anak akan memotivasi belajar anak.
4.
Anak
belajar melalui interaksi sosial.
5.
perkembangan
dan gaya anak adalah individu yang berbeda.
6.
Anak
belajar dari yang sederhana sampai yang kompleks, dari yang konkret ke abstrak.
C.
Prinsip
Pendekatan Sentra Dan Lingkaran
1.
Keseluruhan
proses pembelajaranya berdasarkan pada teori empirik.
2.
Setiap
proses pembelajarannya harus merangsang seluruh aspek kecerdasan anak.
3.
Menempatka
penataan lingkingan main sebagai pijakan awal yang merangsanga anak untuk
aktif, kreatif dan terus berpikir menggali pengalamannya sendiri.
4.
Menggunakan
standar operasional yang baku dalam proses pembelajarannya.
BAB III
LANGKAH – LANGKAH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA
A.
PERSIAPAN
1.
Penyiapan
pendidik atau guru dan pengelola melalui pelatihan dan pemagangan.
2.
penyiapan
tempat dan alat edukatif (APE) sesuai dengan sentara yang dibuka.
3.
penyiapan
administrasi kelompok dan pencataan perkembangan anak.
4.
pengenalan
metode pembelajaran kepada orang tua.
B.
Pelaksanaan
1.
Bukalah
sentra secara bertahap sesuai degan kebutuhan pendidik dan sarana pendukung lainya.
2.
Gilirlah
setiap kelompok anakuntuk bermain di sentra sesuai jadwal yang telah di
tetapkan.
3.
Berikan
variasi kesempatan main yang cukup agar anak tidak bosan.
4.
Lengkapilah
setiap sentar debngan APE yang tepat.
5.
Seiring
dengan kesiapan pendidik dan sarana pendukung tambahlah sentra baru yang
memungkinkan.
BAB IV
PROSES PEMBELAJARAN SENTRA
A.
Penatan
Lingkungan Main
1.
Pendidik
menyiapkan alat main yang akan digunakan
sesuai rencana dan jadwal kegiatan.
2.
Pendidik
menata alat dan bahan main yang yang sesaui dengan kelompok usia yang
dibimbingnya.
3.
Penataan
alat main harus mencerminkan rencana pembelajaran ayag dibuat.
B.
Penyambutan
Anak
Sebaiknya
ada seorang guru piket yang bertugas menyambut kedatangan anak. anak langsung
diarahkan untuk bermain bebas sambil menunggu kegiatan dimulai.
C.
Main
Pembukaan (Pengalaman Gerakan Kasar)
Pendidik
menyiapkan seluruh anak dalam lingkaran, kegiatan pembuka bisa berupa permainan
tradisional, gerak dan musik. kegiatan main pembukaan berlangsung selama 15
menit.
D.
Transisi
10 menit
1.
Setelah
selesai main pembukaan anak – anak diberi waktu untuk pendinginan dengan cara
bernyanyi dalam lingkaran atau tebak – tebakan. tujuanya adalah supaya anak kembali
tenang, setelah anak tenang anak secara
bergiliran dipersilahkan untuk minum dan ke kamar kecil, gunakan
kesempatan ini untuk mendidik kebersihan anak.
2.
Sambil
menunggu anak minum atau ke kamar kecil masing – masing pendidik, siap ditempat
bermain yang telah disiapkan untuk kelompknya masing-masing.
E.
Kegiatan
Inti Masing – Masing Kelompok
1.
Pijakan
pengalaman sebelum amin 15 menit
2.
Pijakan
pengalaman selama main 60 menit.
3.
Pijikan
pengalaman setelah main 30 menit
F.
Makan
Bekal Bersama 15 Menit
Pendidik
memberitahukan tentang jenis makanan yang baik dan kurang baik, jadikan waktu makan
bersama sebagai waktu pembiasaan tatacara makan yang baik, libatkan anak untuk
membereskan sisa makanan dan membuangnya ketempat sampah.
G.
Kegiatan
Penutup 15 Menit
1.
Pendidik
menyampaikan rencana kegiatan berikutnya.
2.
Pendidik
meminta salah satu anak untuk memimpin doa penutup
3.
Untuk
menghindari berebut saat pulang, gunakan kuis tebak-tebakan
BAB V
EVALUASI
A.
Evaluasi
Program
Bertujuan
untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program PAUD dan mengukur sejauh mana
indikator keberhasilan penyelenggaraan PAUD yang bersangkutan. evaluasi program
mencakup penilaian terhadap:
1.
Kinerja
pendidik dan pengelola.
2.
Program
pembelajaran.
3.
Administrasi
kelompok.
Evaluasi ini dapat dilakukan setiap akhir tahun kegiatan belajar
anak.
B.
Evaluasi
Kemajuan Perkembangan Anak
Pencatatan
kegiatan belajar anak dilakukan setiap pertemun dengan cara mencatat
perkembangan motorik kasar, motorik halus, berbahasa, sosial dan aspek-aspek
lainya, selain itu pendidik juga menggunakan lembar ceklis perkembangan anak
dan menyusun hasil hasil karya untuk dijdikan bahan laporan kepada orang tua
anak.
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Penjelasan dan gambar tentang sentra Persiapan.
2.
Penjelasan dan gambar tentang sentra Balok.
3.
Penjelasan dan gambar tentang sentra Peran.
4.
Penjelasan dan gambar tentang sentra Seni.
SENTRA PERSIAPAN
Sentra persiapan merupakan sentra untuk mengembangkan
keaksaraan anak di PAUD sehingga anak siap untuk menempuh pendidikan
selanjutnya, terutama ditujukan pada ranah perkembangan kognisi & motorik
halus.
Di bawah ini beberapa contoh ilustrasi gambar
tentang sentra Persiapan
|
|
|
|
|
|
SENTRA BALOK
Balok adalah : peralatan standar
yang harus ada dalam ruang kelas anak usia dini & sangat penting untuk
mengimplementasikan kurikulum yang kreatif.
Sentra Balok adalah : tempat anak bermain bersama dan berbagai pengalaman
Di bawah ini beberapa
contoh ilustrasi gambar tentang sentra Balok
SENTRA PERAN
Bermain Peran adalah kegiatan bermain, dimana anak
melakukan kegiatan meniruprilaku, prilaku ini dapat berupa prilaku manusia,
hewan, tumbuhan & kejadian. Sentra bermain peran adalah Tempat dimana anak dapat melakukan
peran sesuai dengan keinginan anak.
Di bawah ini beberapa contoh ilustrasi gambar
tentang sentra peran
SENTRA SENI
Sentra Seni adalah tempat untuk menumbuh kembangkan kreatifitas,
imajinasi, inisiatif, & rasa keindahan. TORRANCE dalam bukunya Developing
CreativeThinkung Through School Experience mendivinisan kreatif adalah proses
pembentukan ide / hipotesisi –hipotesisi & pengujiannya &
pengkomunikasian hasil-hasilnya.
PENGELOLAAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI
Tentang
SENTRA
( Sentra Persiapan,
Sentra Balok, Sentra Peran Dan Sentra Pembangunan)
Disusun oleh :
Sa’idah Nur Inayah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar